Traveler Indonesia tidak hanya wara-wiri di dalam negeri saja. Ketika dibujet mencukupi, mereka juga traveling ke luar negeri. Apa saja kota favoritnya?

TripAdvisor sebagai situs pencarian wisata mengamati aktivitas wisatawan Indonesia sepanjang 2013 via TripAdvisor. Dari situ, rupanya ada 8 kota kesukaan wisatawan Indonesia.

Bangkok rupanya menjadi kota tujuan wisata di luar negeri paling disuka orang Indonesia, bukan Singapura. Bangkok sepertinya memang lebih asyik dan eksotis untuk wisata budaya, belanja dan kuliner.

Singapura baru menyusul di posisi kedua. Yang mengejutkan, Kuala Lumpur sama sekali tidak masuk, posisi ketiga dan keempat adalah Hong Kong dan Taipei. Dua kota di Asia Timur ini memang tujuan wisata belanja yang jadi hobi traveler Indonesia.

Demam K-Pop membuat Seoul masuk ke urutan lima. Setelah itu adalah destinasi yang jauh yaitu London di urutan 6 dan Paris di urutan 8. Yang unik, Kota Hat Yai di Thailand masuk di urutan ketujuh. Hat Yai adalah kota perbatasan Thailand-Malaysia yang menjadi favorit perlintasan para backpacker yang bepergian di kedua negara itu.

“Melihat tujuan wisata luar negeri yang paling banyak dicari oleh wisatawan Indonesia, terlihat sangat jelas mereka lebih suka tujuan yang lebih dekat dengan tempat tinggal mereka, seperti Bangkok, Singapura, dan Hong Kong,” kata juru bicara TripAdvisor Jean Ow-Yeong.

Berikut 8 kota liburan favorit turis Indonesia di luar negeri:

1. Bangkok
2. Singapura
3. Hong Kong
4. Taipei
5. Seoul
6. London
7. Hat Yai
8. Paris